Minggu, 30 Agustus 2015

Menggunakan Rumus Matematika di Microsoft Excel

Selamat pagi, siang, sore dan malam sobat indotutorials, artikel ini adalah artikel perdana yang berisikan tutorial atau cara menggunakan rumus matematika di Microsoft Excel (Ms.Excel).
Ok, langsung saja, pertama-tama yang harus sobat lakukan adalah menjalankan aplikasi Ms.Excel, pada artikel ini indotutorials menggunakan Ms.Office 2010, dan bagi sobat yang memiliki versi berbeda tidak usah khawatir, karena formula/rumus yang digunakan bisa di implementasikan di berbagai versi Ms.Office.
operasi matematika di microsoft excel
operasi matematika di microsoft excel
Gambar diatas menunjukkan beberapa angka yang akan digunakan dalam operasi matematika kali ini, operasi matematika yang digunakan adalah penjumlahan, rata-rata nilai, nilai terendah dan nilai terkecil.
1. Penjumlahan(SUM)
Fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan sejumlah angka adalah fungsi SUM.
Dapat dilihat pada gambar diatas cell A9 berisikan angka 88 yang diperoleh dari penjumlahan semua angka di cell A2-A8, formula atau rumus yang digunakan untuk menghasilkan angka tersebut adalah =SUM(A2:A8)
penjelasan formula =SUM(A2:A8)  :
  • SUM : adalah fungsi penjumlahan
  • A2:A8 : menjukkan angka yang akan dijumlahkan ialah angka yang berada pada cellA2 hinggal cell A8, tanda “:” dapat diartikan dengan sampai atau hingga.
kreasi formula :
  • jika sobat hanya ingin menjumlahkan angka-angka tertentu yang tertera pada gambar, misal sobat hanya ingin menjumlahkan semua angka kecuali angka pada cell a8, maka sobat hanya perlu menuliskan formula =SUM(A1:A8).
  • atau jika sobat hanya ingin menjumlahkan angka-angkat tertentu misal hanya pada cell A2,A3,A4 dan A7, sobat cukup menuliskan cell-cell tersebut kedalam fungsi SUM, =SUM(A2,A3,A4,A7) atau dengan menuliskan =SUM(A2:A4,A7).

2. Rata-rata nilai(Average)
Fungsi yang digunakan untuk mendapatkan rata-rata nilai ialah fungsi AVERAGE.
Sebagaimana diketahui untuk mendapatkan nilai rata-rata ialah jumlah keseluruhan data dibagi dengan total data, diketahui jumlah keseluruhan data ialah 88 dan ada sebanyak data sehingga untuk memperoleh rata-rata data tersebut ialah 88/7 = 12.57142857.
Dalam microsoft excel sobat tidak perlu melakukan perhitungan manual cukup dengan menuliskan formula =AVERAGE(A2:A8) maka secara otomatis akan diperoleh nilai rata-rata dari cell A2 hingga cell A8.

3. Nilai terendah
Fungsi yang digunakan untuk mendapatkan nilai terendah adalah fungsi MIN.
Secara kasat mata dapat dilihat pada gambar diatas nilai terendah dari cell A2-A8 ialah 2, hal ini sangat muda dilakukan tanpa menuliskan formula, namun tidak berlaku jika ada ratusan, ribuan bahkan lebih angka yang tentu saja akan menguras tenaga jika sobat mengecek satu persatu angka tersebut, sehingga cukup dengan menuliskan formula =MIN(A2:A8) maka dengan mudah sobat akan memperoleh nilai minimal tersebut.

4. Nilai tertinggi
Formula yang dituliskan hampir sama dengan mencari nilai minimal, yang berbeda hanyalah pada fungsi yang digunakan, yaitu MAX. 
Pada gambar diatas untuk mencari nilai maksimal dari cell A2-A8 ialah cukup dengan menuliskan =MAX(A2:A8), sehingga diperolehlah angka 45.
Bagaimana? cukup mudah kan melakukan operasi matematika di microsoft excel.
Jika sobat indotutorials penasaran dengan fungsi rumus matematika yang lebih beragam dan telah disediakan oleh Ms.Excel sobat cukup menekan menu Formulas > Math & Trig, dicontohkan pada gambar dibawah ini
daftar formula math
daftar formula math
Ok, sekian dulu tutorials kali ini, selamat mencoba. ^_^


sumber:
-http://indotutorials.com/blog/menggunakan-rumus-matematika-di-microsoft-excel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar